Selasa, 17 Mei 2011

TULISAN BAHASA INDONESIA (SOFTSKILL) "LAPORAN"

Nama     : Faddly Akbar El Muhammady
Nmp       : 10208468
Kelas     : 3EA10
 
laporan ialah segala sesuatu yg dilaporkan,asal kata dari lapor dan bersifat fakta. Fakta yang disajikan merupakan bahan atau keterangan berdasarkan keadaan objektif yang dialami sendiri oleh si pelapor (dilihat,didengar,atau dirasakan sendiri) ketika si pelapor melakukan suatu kegiatan. Kemudian laporan itu diberitahukan oleh si pelapor.
Dalam pembuatan suatu laporan formal bahasa yang digunakan haruslah bahasa yang baik,jelas dan teratur.

contoh laporan
 

Judul : singkat, jelas , makna lugas/denotatif, menunjukkan masalah yang akan diteliti disertai lokasi penelitian.

Bab. I. Pendahuluan

A. Latar Belakang Masalah
Uraikan timbulnya masalah yang memerlukan pemecahan. Latar belakang ketertarikan peneliti terhadap masalah yang akan diuji. Lengkapi dengan teori-teori yang mendasari keluarnya gagasan peneliti.
B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang akan diteliti. Memakai kalimat tanya, sehingga mempertegas masalah.
C. Tujuan Penelitian
Uraian tujuan dari penelitian tersebut. Antara rumusan masalah dengan tujuan harus ada korelasi. Misalnya rumusan masalah 1 berkaitan dengan tujuan 1, rumusan masalah 2 berkaitan dengan tujuan 2 dan seterusnya.
D. Manfaat Penelitian
Manfaat bagi penegembangan ilmu penegetahuan, manfaat bagi obyek/lokasi tempat penelitian dan manfaat bagi peneliti.
BAB II. KERANGKA PEMIKIRAN
Uraikan definisi konseptual dari judul penelitian yang dipilih. Definisi secara tegas dan jelas masing-masing variabel serta teori-teori yang mendukung. Tata cara menyitir ( Entri utama pengarang/dibalik, tahun terbit : halaman ).
BAB III. METODE PENELITIAN
A. Teknik Pengumpulan Data
1. Data Primer : pencarian data melalui survey berdasarkan wawancara atau tanya jawab secara langsung dan melalui kuesioner.
2. Data Sekunder : data yang melengkapi data primer yaitu pencarian data dengan cara menelusuri pustaka-pustaka pendukung/penunjang penelitian.
B. Hipotesis
Dugaan sementara  atau dugaan peneliti terhadap jalan keluar masalah. Mis. Ada hubungan positif antara minat baca dengan kuantitas buku-buku bacaan di perpustakaan SDN 1 Jebed, Pemalang.
C. Metode Penelitian
Peneliti bebas memilih tipe penelitian. Deskriptif, kuantitatif atau kualitatif. Misalnya penelitian eksplanatif, berusaha menjawab why dan menguji hipotesis kausal ( Soehardi Sigit, 1992 : 31). Kualitatif menitikberatkan pada kedalaman ( deep) masalah.
D. Definisi Operasional
Uraikan variabel-variabel penelitian, dimensi serta indikator penelitian.
E. Populasi dan Responden
Populasi adalah semua variabel yang menyangkut masalah yang akan diteliti. Misalnya populasi penelitian ini adalah seluruh siswa siswi SDN 1 Jebed terdiri kelas 1 sampai dengan 6 dengan jumlah sebanyak 240 siswa.
Responden dalam penelitian adalah wakil dari populasi yang akan diteliti. Dipilih secara random, masing-masing kelas terwakili, misalnya 40 siswa yang melakukan aktifitas baca di perpustakaan.
BAB IV. HASIL PENELITIAN
Hasil dalam bentuk tabel bila kuantitatif. Tiap pertanyaan dalam kuesioner dihitung dalam prosentase. Keterkaitan data-data hasil penelitian dengan masalah yang diajukan serta menganalisa data guna menyelesaikan masalah.
BAB V. Kesimpulan dan Saran
A. Kesimpulan : Merupakan jawabab dari masalah yang diajukan setelah dilakukan penelitian.
B. Saran-saran
Saran-saran bagi pengembangan ilmu perpustakaan terutama saran bagi obyek penelitian dan pihak-pihak yang berhubungan dengan hasil penelitian.
Daftar Pustaka
Nama pengarang pertama, dibalik. Tahun terbit. Judul buku. Kota terbit : Nama Penerbit.
Fauzi, Ahmad. 2010. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Universitas Terbuka.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar