Selasa, 08 November 2011

TULISAN ETIKA BISNIS (SOFTSKILL)

NAMA      : FADDLY AKBAR EL MUHAMMADY
KELAS     : 4EA10
NPM         : 102087468
TULISAN : ETIKA BISNIS (SOFTSKILL)

ETIKA DALAM BERBISNIS ONLINE

Semakin majunya teknologi media informasi melalui internet seperti yang kita tahu memunculkan suatu gaya hidup baru yang bernama e-Lifestyle. Di mana gaya hidup yang baru ini muncul, juga diikuti oleh beberapa terobosan baru seperti catatan harian berupa blog, komunikasi dengan teman melalui website social networking, hingga bisnis online yang tanpa tatap muka bisa berjalan dengan baik.
Perlu Anda ketahui, berbisnis di media internet atau secara online sangatlah indah dan menyenangkan. Di sana kita bisa mendapatkan komunitas baru, bertemu orang baru, share idea, solve masalah, juga mendapatkan uang. Bertumbuhnya forum bisnis juga social networking Facebook sangat berperan penting dalam perkembangan bisnis di internet atau e-commerce. Mungkin artikel ini bisa menjadi pengantar Anda: Istilah Bisnis Online Dan Penerapannya dan Modal Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Bisnis Online.
Banyak macam bisnis internet yang bisa dikembangkan dari internet, bahkan semakin banyaknya jenis program dan peluang bisnis membuat bisa membuat Anda pusing. Atau Anda sedang mengalami hal ini? Salah satu bisnis online yang berkembang cepat dan profit bisa Anda baca di sini: Peluang Bisnis Online Gratis PTC Terpercaya Dan Terbukti Membayar.
Perlu Anda tahu, dalam berbisnis online juga terdapat suatu budaya berupa etika berbisnis online. Apa saja itu? Mari kami jelaskan.
  1. Jujur dan Terbuka. Bagaimana kejujuran diterapkan dalam berbisnis online? Bila Anda seorang pedagang online, Anda harus jujur dengan kualitas barang dan harga yang Anda tawarkan kepada konsumen. Bila Anda adalah seorang affiliate marketer, Anda harus jujur dengan program affiliasi yang Anda tawarkan kepada user Anda. Jika Anda seorang user atau pelanggan, jujurlah tentang kontak alamat Anda, juga ikutkan problem yang Anda hadapi saat melakukan deal dengan pihak pertama.
  2. Adil dan Penuh Penghargaan (Apresiasi). Hal ini adalah hal yang dikutip tebal dalam berbisnis online. Mengapa? Etika adil dan menghargai sangat berarti saat saling mengerti juga saling membutuhkan. Anda tahu, bahwa berbagi informasi tentang bisnis online bisa mendapatkan uang hanya dengan link berupa referal atau affiliasi saat Anda mendaftar suatu program bisnis, dan sebagainya. Mari budayakan adil dan menghargai jerih payah orang yang membagikan Anda informasi dengan membiarkan dan tidak mengubah kolom affiliasi atau referal. Adanya hal saat mendaftar itu tidak membuat Anda rugi, bahkan menguntungkan bagi Anda, Anda bisa mendapatkan support dan petunjuk bisnis dari upline atau orang yang ada di link referal atau affiliasi tadi. Lalu bagi pihak yang berbagi link referal, sebaiknya Anda belajar adil dan lebih ke tanggung jawab, di mana Anda sudah mendapatkan fee atau uang dari referal Anda, seharusnya Anda mau membantu dan memberikan petunjuk kepada pihak downline atau referal Anda.
  3. Ramah dan Sabar. Sikap yang terlihat sepele namun sangat fatal di dunia internet marketing, dan citra Anda sebagai upline. Bagaimana Anda menghargai referal atau downline Anda itu penting. Terlebih jika Anda adalah seseorang yang berperan aktif di forum untuk membagikan informasi bisnis online. Jika Anda tidak ramah dan sabar menanggapi referal Anda, citra Anda akan menjadi buruk dan orang lain enggan menanggapi postingan, thread atau setiap suara Anda. Internet marketing sebenarnya sama saja dengan marketing di dunia nyata. Kenapa tidak, yang kita hadapi di dunia maya juga manusia seperti Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar